Jenis-Jenis Cat Berdasarkan Bahan Pelarutnya

Jenis-Jenis Cat Berdasarkan Bahan Pelarutnya – Cat merupakan produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah sebuah permukaan atau objek. Cat dapat digunakan hampir pada semua objek,  dalam kehidupan sehari-hari saja sering digunakan sebagai alat bantu kerja yang digunakan untuk memperindah seperti lampu lalu lintas, kendaraan, marka jalan dan masih banyak lagi.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa cat akan menambah nilai plus pada suatu objek yang biasa saja menjadi sangat luar biasa. Namun warna cat juga ada yang bertahan lama dan ada juga yang bertahan beberapa lama saja, semua itu tergantung dari ketebalan cat yang diberikan dan kualitas dari cat itu sendiri.

warna.JPG

Untuk mengukur ketebalan dari cat sekarang sudah ada alat yang bernama Coating Thickness Meter, alat ini berfungsi untuk mengukur ketebalan cat untuk mengetahui lama warna cat dapat bertahan lama. Alat ini sudah banyak dijual di toko-toko maupun perusahaan alat ukur dan alat tester. Sedikit informasi di Alat Ukur Indonesia menjual alat ini dengan kualitas barang yang baik dan diberikan garansi serta memiliki harga yang kompetitif.

Secara umum bahan baku untuk membuat cat terdiri dari empat bagian yaitu :

  • Binder, binder merupakan bahan baku yang paling utama dalam pembuatan cat, fungsi dari bahan baku ini adalah sebagai perekat lapisan cat pada media atau objek, binder sendiri juga berperan membangun karakteristik coating.
  • Solvent, atau pelarut bahan ini berfungsi untuk melarutkan bahan baku utama dengan bahan-bahan lainnya. Solvent juga berperan untuk mengencerkan cat sebelum diaplikasikan pada objek.
  • Pigment/Filler, bahan ini berperan untuk pembentuk lapisan cat serta bahan pewarna. Kombinasi bahan filler atau pigment yang baik untuk menciptakan daya tutup cat yang baik.
  • Additive, adalah bahan tambahan yang berfungsi agar cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai keinginan.

Dibawah ini ada jenis-jenis cat berdasarkan bahan pelarutnya :

  • Cat Minyak atau Oil Based Paint, cat ini biasanya menggunakan bahan pelarut minyak rantai.
  • Cat Thinner atau Solved Based Paint, cat jenis ini menggunakan tinner untuk pelarut utamanya.
  • Cat Air atau Water Based Paint, cat jenis ini menggunakan air sebagai bahan utama pelarutnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s